Bookmark and Share

Keluhan, Saran, dan Kritik
csinasa@yahoo.com

General Questions:

Home Information Laser Clinic > Kelainan pembuluh darah( telagiektasis, portwine stains, hemangioma, angioma, venous lake dll)

Kelainan pembuluh darah

Telagiektasis, Portwine Stains, Hemangioma, Angioma, Venous Lake dll

Telangietasias adalah pembuluh darah kecil di kulit berupa bintik, pembuluh darah halus seperti benang merah pada wajah. Telangietasias berkembang di manapun di dalam tubuh, namun bisa mudah dilihat di kulit, selaput lendir, dan bagian putih pada mata. Penyebabnya meliputi alkohol, reaksi krem yg meningkatkan sensitifitas kulit,  penuaan, atau sinar matahari.  Perawatan dapat dilakukan dengan sinar laser sesuai dengan bantuan ahli medis.

  • Hemangioma

Hemangioma terjadi karena adanya proliferasi (pertumbuhan yang berlebih) dari pembuluh darah yang tidak normal, dan bisa terjadi disetiap jaringan pembuluh darah. Hemangioma termasuk tumor jinak yang banyak terdapat pada bayi dan anak. Hingga saat ini apa yang menjadi penyebabnya masih belum jelas, namun diperkirakan berhubungan dengan mekanisme dari control pertumbuhan  pembuluh darah.

  • Strawberry Hemangiomas

Tanda ini biasanya muncul beberapa minggu setelah kelahiran. Tanda ini bisa tumbuh dengan cepat pada tahun pertama sebelum surut sekitar umur 9 tahun. Tidak diperlukan penanganan khusus, tetapi apabila diinginkan, obat, bedah vaskular dan terapi laser terbukti efektif.

  • Cavernous Hemangiomas

Tanda ini muncul saat lahir, tepat berada di bawah kulit dan muncul dalam bentuk kumpulan jaringan berbentuk spon yang berwarna kebiruan dan berisi darah. Tanda ini biasanya muncul di kepala atau leher. Sebagian hilang pada masa pubertas.

  • Portwine stains

Portwine stain atau naevus flammeus adalah tanda lahir pembuluh darah terdiri dari pelebaran pembuluh darah kapiler superficial dan yang dalam dikulit yang menghasilkan perubahan warna keunguan kemerahan pada kulit. Kelainan ini sudah tampak pada saat lahir. Lokasinya paling sering pada daerah wajah,walaupun dapat juga pada tempat lain pada tubuh.
Tanda lahir ini mungkin tanda adanya kelainan, tetapi biasanya tidak.
Tanda lahir jenis ini dapat ditangani dengan terapi laser.

Keuntungan penggunaan laser adalah dapat diarahkan pada area yang sempit, kerusakan pada jaringan menjadi minimal, dan penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Laser inipun cukup aman untuk penggunaan pada bayi dan anak-anak Bila Anda ingin menggunakan terapi laser ini, sebaiknya berkonsultasi dengan beauty skin care clinic yang berlisensi untuk membantu Anda memilih penanganan dengan terapi laser yang terbaik untuk kondisi Anda.

Kadang-kadang diperlukan terapi Laser kombinasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Laser ini bisa dikerjakan pada bayi-bayi yang masih berusia 1 bulan. Tindakan ini relatif aman. Sedini mungkin menjalani terapi akan memberi hasil yang baik. Terapi Laser ini tidak memerlukan anastesi (bius) baik lokal maupun umum, karena relatif tidak nyeri. Pada anak-anak mungkin memang agak rewel, karenanya perlu kerja sama dengan orang tua atau keluarga. Terapi Laser tidak bisa dilakukan sekali saja, perlu dilakukan terapi berulang dengan interval 3-6 minggu sekali, dan mungkin perlu diulang 10-20 kali, tergantung jenis kelainan kulitnya